# BSI Intensive Development Program and the story behind

Capture I promise to post this since several peoples ask me “Wind, kerja dimana? Jadi apaan? Perusahaan apa? Bla bla bla” Jadi gw selalu jawab dengan “tunggu di blog gw ya” *pede jaya* hahaha. Well Intensive Development Program or IDP is an intensive development program *dilempar martabak* in PT Berlian Sistem Informasi (BSI) which is focus on recruiting and developing its new candidate employees. Jadi melalui jalur ini, kandidat akan mendapat training terkait SELURUH bisnis yang ada di BSI. Material given by almost all division representatives. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan pemahaman kepada kita yang pada awalnya masih cupu banget akan pemahaman proses bisnis BSI. Training yang dikasih bermacam-macam sih, diajarinnya juga mulai dari yang mendasar seperti business manner sampai hal yang kompleks macam kayak SAP, network, programming vb.net sampai ABAP *fyuh*. Yep, I join in BSI through this program since January 25, 2013. And I very glad to be one of IDP Member 2012 with 3 other friends, Neny Wahyuningdiyah, Devi Zumarudin Syah, and Amir Muntaha :).

What is the story behind then?. Baiklah, jadi perjalan gw bisa ikut program ini berawal dari informasi di milist angkatan. Ketika itu akhir bulan Oktober atau bulan November *gw lupa* ada yang posting. Mata gw berbinar- binar tiap baca info lowongan kerja. Why?. Kebayang lah ya anak fresh graduated itu gimana. Galau setengah mati cari kerja sana-sini. Waktu itu galau karena masa kontrak jadi asisten riset di Fasilkom UI udah mau abis per Desember 2012.  Merasa ada kebakaran di jenggot akhirnya gw apply deh di jobstreet, UI career, ikut Jobfair, dan lain-lain. Nah, dari sekian banyak perusahaan yang gw apply, salah satunya ya BSI ini. Jujur awalnya belum terlalu familiar dengan nama BSI, so far soalnya yang gw tau BSI itu salah satu perguruan tinggi swasta haha. Tapi begitu baca “BSI is one of Mitsubishi Corporation Japan subsidiaries” tanpa ragu gw langsung apply. Requirement yang dibutuhkan juga bersesuaian dengan background pendidikan gw, IT.

Pengalaman apply di BSI mulai dari first interview with HR sampai berbagai macam tahapannya itu sangat gw nikmati perjalannya. Mulai dari HR interview, Pshycological test, Focus Group Discussion, Board of Director interview, dan medcheck. Luar biasa banget sih tapi, soalnya gw bertaruh nyawa sama bokap gw untuk kerja disini :’(. Beneran loh, bukan lebay. Some peoples may think this sentence is too much, some peoples will do not care, and maybe some will ask, why?. Jadi sebelum the day nya HR interview gw survey kantor BSI dulu based on alamat yang tertera di website, Annex KTB Building 4th floor, Jl. A Yani Pulomas. Well, I don’t know exactly where it is, so my father got enthusiasm to do such survey. Waktu itu surveynya pas weekend. Gw inget banget track ke pulomas waktu itu lewat Manggarai terus ke Ahmad Yani. Gw sama bokap gw survey dengan naik motor, cari simplenya aja lah ya namanya juga mau survey, nyalip sana sini, ketemu deh jalan Pulomasnya. Tapi dimana kah gedung Annex itu?. Tanya sana sini, tukang ojek, warung, sampai pejalan kaki….. AND NOONE KNOW WHERE ANNEX BUILDING IS! WHAT THE HELL. Sumfeeeeh, bingung banget. Kok ya bisa ga ada yang tau gedungnya. Jadi disusuri lah jalan Jendral Ahmad Yani itu dari ujung ke ujung sebanyak 2 KALI PUTERAN. Ya. Gw sama bokap gw muterin sampe rasa-rasanya mau nyasar ke Pulogadung saking ga tau jalan. Tapi akhirnya ketemu juga setelah puteran ke-2. Thank you so much bapak warung di Bypass Pulomas, akhirnya baru gw sadari instead of nyari gedung Annex it’s better to say directly gedung KTB (Krama Yudha Tiga Berlian Motor). It’s a well known building along Jend A. Yani *megap-megap*.

Akhirnya setelah benar-benar memastikan letak BSI ke satpam KTB, gw pun pulang. Diperjalanan pulang ini lah tragis kejadiannya. Jadi motor yang dikendarai gw dan bokap gw sangat nyaris tabrakan dengan 3 KENDARAAN sekaligus. Kejadiannya pas banget di perempatan Pemuda BPKP. Ada taksi dari arah kiri dengan kecepatan super ga nyantai, Bis dari arah belakang (nyalip ugal-ugalan), dan mobil dari arah kanan. Dammit ya you supir bis ugal-ugalan. Alhamdulillah banget seketika itu mobil yang dari arah kanan langsung rem mendadak sampe bunyi!. Terus taksi dari arah kiri juga berenti mendadak. Gw ngerasa ada yang aneh sih, karena mendadak jadi chaos. Tapi ga sempet mikirin hal itu, gw shock berat. Kaki kanan gw kena tabrak mobil yang dari arah kanan itu. Gw udah lemes banget. Bokap gw langsung mastiin kalo gw baik-baik aja. Bingung juga siapa yang mau disalahin. Intinya kalo di track itu gara-gara bis yang dari arah belakang ngebunyiin klakson kenceng seakan lampu merah udah hijau. Jadilah bokap gw ngelajuin motornya, dimana masih lampu merah, dan hal ini menyebabkan kendaraan dari arah kanan dan kiri jalan masih pada seliweran. Kaki gw lemes banget abis kejadian itu. Akhirnya menepi dulu terus jalan lagi. Tapi Alhamdulillah selamat semua tanpa kurang satu apapun. Cuma shock berat aja, untuk sesaat gw kira ga akan bisa pulang ke rumah lagi, udah berasa mau ‘lolos’ ga balik lagi. Sampe sekarang makanya gw trauma kalau naik motor dibonceng orang, pasti gw was-was dan hal itu menyebabkan gw selalu waspada tingkat tinggi untuk perhatiin laju kendaraan-kendaraan lain sepanjang jalan.

Well, itu lah mengapa pas pada akhirnya keterima di BSI ada suatu perasaan yang ‘wew’. Berasa banget soalnya tahap demi tahapnya. Padahal dulu sempet banget banting stir mau jadi banker, udah sampai suatu tahap tertentu di Bank BR* namun sayang harus terhenti haha, pun di salah satu perusahaan asing FMCG da*one, harus berhenti di salah satu tahapannya. Hehe.

Mungkin ya kata Allah, ini dia jalan terbaiknya. Masuk BSI kalau gw pribadi ada suatu perasaan senang sendiri. Soalnya…… banyak banget Japanese-nya terutama di KTB hahaha salah fokus. Engga kok, gw senang dan sangat bersyukur karena sekarang gw kerja di perusahaan IT service, suatu harapan besar untuk bisa bergabung sama temen-temen IT consultant yang lain. Terutama disini fokus banget trainingnya baik pas in class dan pas on the job training ke divisi-divisi terkait. To be grateful sangat nyambung materinya sama beberapa mata kuliah dulu, beberapa diantaranya SAP, CRM, dan SCM.  Diajarin hal baru juga, yaitu vb.net programming language.. Haha. Awalnya yang takut banget ga bisa programming dituntut mau ga mau harus belajar, dan setelah dipelajari Alhamdulillah masih bisa ngikutin. Pengajarnya juga sabar banget. Orangnya pun ramah-ramah dan welcome. Satu hal lagi, we get the best service and so tasteful lunch every day. Ga perlu repot keluar kantor kalau mau lunch, tiggal naik lift aja karena kantinnya masih dalam gedung yang sama. Jadi mau panas atau hujan badai halilintar menyambar juga tetap bisa lunch tepat waktu. Hehe.

Cuma agak ga nyantai aja letak rumah yang masih di Bogor. Jadi ibaratnya gw kerja di luar kota, tiap hari pulang pergi Jakarta Timur – Bogor. Pun demikian daku GA PERNAH TELAT masuk kantor loh hehe. Hal yang patut disyukuri juga adalah strategisnya letak BSI dari shelter angkutan umum bernama transjakarta yang ada tepat di depan kantor. Setiap hari naik transjakarta terus nyambung naik kereta. Kalau pergi kerja turun di Cawang, kalau pulang naik dari Manggarai. One of to be grateful thing, ada teman bareng setiap pulang kantor. At least ga sendirian juga. Serem juga kalo diculik, kan stock kayak gw tinggal satu-satunya di dunia *ah maca cih*. Jangan bosen ya Dev maaf kalau selama pulang gw mungkin pernah ngerepotin atau menyebalkan. And the last thing but the most to be grateful thing adalah teman-teman sesama IDP 2012. Lucu-lucu deh mereka. Ada yang polos banget, ada yang lucu banget, ada yang baik banget, ada yang pinter banget ngoding *ups anyone knows lah ya*. Terus kita juga punya slogan yaitu “Kita kan setia”. Haha. Jadi mulai dari briefing, ambil laptop setiap pagi, lunch, sampai pulang kerja selalu bareng. Nungguin satu sama lain. *cie so sweet banget ya teman-teman gw yang baru ini*. Haha. Yah everytime all of us get close each other ya, semoga selalu dalam kebaikan yah. Semoga dimudahkan trainingnya. Pun kalau udah penempatan jangan sombong Hehe. Aamiin

Tapi ya kerja disini masih ‘kandidat’, masih ada sistem gugur kalau memang selama di training IDP ini ga menunjukan performa yang baik ya mungkin akan digugurin setelah 6 bulan ke depan. Tapi balik lagi sih, segala sesuatu kan Allah yang ngatur mau rejeki, jodoh, dan lain sebagainya. Jadi let’s give the best effort, live the process and learn by its result. Ganbatte! :)

“I do my best for customer to improve business valuable through IT with you” (Satoshi Niwa, President Director of PT Berlian Sistem Informasi)

And so do I Sir :), sincerely, Me.

About these ads

10 comments

  1. Wincee, pindah blog toh yaa ternyata. Udah lama ga baca blog lo trus ini habis gue stalk ampe belakang2 hahah *ups stalking bilang2*

    So glad to read this, ngeliat gimana perjuangan lo sampe akhirnya berbuah manis ^^ Yang rajin yaa bu kerjanya, siapa tahu nanti dikirim ke jepang ;)

    1. Iya yuh pindah ‘rumah’ gw. Aduh aku distalking jadi ma(l)u. *eh* haha. AAMIIN YA ALLAH. semoga dikirim suatu saat nanti. Maaci ya doanya :*

  2. Mb, saya Eka. Sya mw bertanya soal IDP nih,Mb.
    Boleh minta nomor HP nya? Coz ada beberapa prtnyaan terkait IDP.
    Trims

    1. Dear Eka,
      salam kenal yah hehe. Monggo silahkan mba, mungkin bisa contact ke email saya windyadam1991@gmail.com. hehe. ditunggu :D

      1. Dear Mb Windy,
        Maap bru ngeh klo comment sya sdh dbalas sm Mb.
        Mb,saya sdh email ke email Mb yah, monggo dbaca.
        Trims :)

  3. Assalamu alaikum mbak, nama saya Airin. Saya mau tanya tentang IDP nya BSI nih mbak.. Boleh kirim ke email di atas? :D

    1. Wlkmslm. Boleh. Silahkan :)

      1. sudah saya kirim mbak, mohon dibaca
        Terimakasih :)

  4. Nice share.. Mb. Windy saya ingin tanya, di tahap focus group discussion itu membahas apa saja ya ?
    thanks hehe..

    1. Waduh telat bgt gw balesnya haha. FGD waktu itu topiknya tentang perusahaan IT yg going bankrupt. Tapi mulai dari IDP dibawah gw udah ga ada lagi tahap FGD hoho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 368 other followers

%d bloggers like this: